Minggu, 30 Desember 2007

Me and Sepakbola

Sekarang2 ni udah ga aneh lagi kan cewek menggemari sepakbola. Motivasinya macem-macem lah, mulai dari cuci mata liat cowok cakep berkeliaran (kucing kale berkeliaran hihi..) di lapangan (setidaknya dari 22 pemaen di lapangan separonya bisa bikin mata cewe2 jauh dari katarak hehe) sampe alasan lebih menyukai teknik maen bolanya, etc deh.

Aku sendiri suka sepakbola..mm kira2 pas kelas 3 SMA deh kayaknya. Alasan awalnya yah gitu deh seneng ajah liat pemaen bola yg cakep2 ituh. Tapi lama2 aku udah mulai suka ama klub sepakbola tanpa ngeliat kegantengan pemaen2nya ajah. Klub pertama yang kuidolakan sih Juventus (sekarang sih Milan ama Liverpool). Wah macem2 deh merchandise yang berbau Juve yang kukumpulin walo gak banyak juga. Mulai dari yang kecil2 kayak gantungan kunci, stiker, jam dinding, selimut, poster. Yang pasti sih beli Tabloid Bola itu jadi rutinitas yang wajib dilakuin (wah jadi inget adek loper koran langgananku di daerah ITN Malang..).

Sekarang2 ini aku lagi gandrung banget (halah gandrung..bahasa apaan tuh, bukannya nama empu ya..empu gandrung hihihi) ama sepakbola Indonesia dengan segala kekurangannya (Klub idola : Deltras, Arema ama Persib). Malahan sekarang aku udah ga terlalu antusias tuh ama liga-liga internasional gitu. Kaget juga pas tau tiba2 Cannavaro ma Zambrotta udah ga di Juve lagi hihi..kuper banget. Tapi jangan ditanya deh kalo sepakbola Indonesia heheh udah hapal neh sekarang. Hayyo mau tanya apah? (cie..cie..cie..lagaknya kayak komentator sepakbola ajah).

Sebenernya rindu pengen liat sepakbola indonesia bukan hanya sekedar tontonan olahraga tapi juga jadi komoditi industri yang bukan hanya pertandingan sepakbolanya yang laku dijual, tapi ada multiplier effectnya yang pada akhirnya mendukung kemajuan sepakbola itu sendiri. Multiplier Effect-nya ya bisa berupa produksi merchandise2 yang laku dijual, trus penjualan tiket terusan untuk satu musim kompetisi, bursa transfer pemain yang dikemas menarik, kalo perlu bikin acara semacam award gitulah untuk memilih pemain, pelatih, suporter, manajer terbaik mingguan atau tahunan (yah kayak yang biasa diadain di liga inggris tuh..nyontek gpp kok, ga disetrap ini apalagi dipanggil ke BP kayak jaman SMA dulu heheh). Yang gini2 bisa banget kok bikin motivasi pemain ataupun komponen sumberdaya manusia yang terlibat didalam sepakbola itu meningkat. Efeknya? Yah mudah2an sih bermuara pada peningkatan kualitas dan kinerja insan2 sepakbola itu sendiri, semakin terpacu untuk menjadi yang terbaik (amin doooonggg…).

Ngomongin satu-satu ah tentang faktor2 apa sih yang mutlak dibutuhin untuk memajukan sepakbola Indonesia (versi ku, yang didapat setelah melakukan penerawangan spiritual hihi..sekalian ketawa ah ni soalna kebetulan lagi liat Letto di tipi lagi mau nyanyi ajah vokalisnya pake pose dulu mesam mesem ga jelas disamping motor patroli polisi hahah..lutu, jadi gemes deh..hloh?!!?).
Fasilitas stadion yang representatif mutlak jadi kebutuhan utama bagi kemajuan sepakbola Indonesia. Tapi dipikir2 mengingat suporter Indonesia yang cenderung brutal (ga semua sih..peace..aremania heheh), kayaknya aga rugi juga bikin stadion bagus2. Lah bayangin ajah, stadion udah bagus..eh giliran ga terima klubnya kalah ato ga bisa masuk lantaran ga kebagian tiket, kenapa stadion yang innocent itu jadi sasaran amukan para suporter? Apa salah dan dosa stadion hingga kena azab setragis itu? (hehe..jatohnya jadi berlebihan hehehe…). Jadi emang butuh kesinergisan dari banyak faktor agar bisa melihat stadion2 di Indonesia bisa minimal layak lah untuk suatu kompetisi sepakbola profesional. Faktor-faktor itu gak hanya melulu alokasi dana yang memadai. Iya iya, gak bisa dipungkiri dana yang memadai tentu saja tetap jadi faktor utama terwujudnya sebuah stadion yang representatif. Tapi ya itu tadi lah, kalo stadion udah ada dan bagus, gimana OP (Operasional dan Pemeliharaan)nya? Ya tentu ajah bukan melulu kewajiban pengurus stadion ataupun aparat keamanan pada saat jalannya pertandingan, namun yang diharapkan adalah keterlibatan aktif dari semua pihak including suporter untuk sama-sama ikut menjaga keberadaan stadion tersebut. Bodoh-bodohan deh mikirnya, kalo tu stadion dirusak nah butuh waktu kan perbaikinnya, otomatis mengganggu kelangsungan pertandingan selanjutnya. Kalo udah gitu biasanya ma BLI kalo gak dipindah kandang ato lebih ekstrim lagi sih pertandingan tanpa penonton. Yee..yang rugi sapa pada akhirnya…

Untuk stadion sih gak muluk2 harus seperti Stamford Bridge kandangnya Chelsea atau Old Trafford kandangnya MU, wah jauh lah itu…(walo kepengen juga). Yang penting sih punya standar yang memadai untuk kompetisi liga. Standar yang layak atau minimal harus dipenuhi oleh stadion sepakbola (menurutku nih yang aga2 sok tau hihii) antara lain sih : kapasitas stadion yang mencakup bangku2 penonton harus diperhitungkan bener2 agar bisa menampung suporter; kualitas rumput harus bagus dengan perawatan yang berkelanjutan; sistem drainase internal yang bagus (terpadu juga dengan drainase di luar stadion) agar pada saat musim hujan lapangan gak becek dan aliran pembuangan air hujan di dalam stadion bisa lancar; ruang ganti pemain yang layak, ada loker, tempat duduk, toilet, dan saranku sih..minimal ada semacam papan tulis yang bisa digunakan oleh pelatih untuk menjelaskan strateginya baik sebelum bertanding maupun pada saat turun minum; bench yang bagus untuk pelatih dan pemain cadangan; tandu2 kalo bisa nih..diganti dong pake kendaraan kayak di liga2 luar gitu..supaya kalo ada kejadian pemaen di lapangan yang cedera bisa cepet dikasih pertolongan, tapi kalo gak mampu kualitas tandu2nya yah harus memadai lah.

Kreatifitas klub menurutku juga faktor yang penting nih. Maksudnya disini, bagaimana finansial suatu klub gak hanya bergantung pada subsidi dana dari APBD ajah. Mm..tahun depan ni kan APBD udah gak boleh lagi dialokasikan untuk sepakbola. Klub2 pada kelimpungan nih denger kabar beginian. Gimana dong caranya dapetin dana untuk kelangsungan klub di kompetisi liga musim mendatang? Disinilah dituntut kreatifitas klub, sejauh mana manajemen klub bisa memaksimalkan potensi-potensi yang mereka miliki. Salah satunya yah berdayakanlah suporter, selain tentu aja yang utama adalah mencari sponsor. Di luar negeri kan gitu, dari tiket dan penjualan merchandise aja klub bisa menangguk untung. Yah memang bisa dimaklumi sih karena sepakbola disana udah jadi komoditi industri, merchandise bukan hanya laku dijual di negara yang bersangkutan tapi udah menyentuh level dunia (ajegile bahasanya….salut ma ni cewek yang nulis, sapa sih hahahaha).

Yah walo gitu tetep kok kita bisa lebih memaksimalkan potensi dari suporter ini. Klub sepakbola di Indonesia gak kalah juga kok dalam hal suporter fanatik, tengok aja suporternya Persib (Viking ama apa satunya lagi lupa deh..emang ga tau deng heheh sok2an lupa), Arema dengan Aremanianya, Persija (Jakmania), dan lainnya. Nah dari mereka inilah harusnya klub bisa menangguk penghasilan dengan penjualan tiket baik tiket satuan atau terusan (bener ga sih istilah buat tiket ini?) serta penjualan merchandise2. Pokoknya singkat kata singkat cerita, banyak2 belajarlah dari sistem manajemen klub di liga internasional.

Oke deh…kayaknya segitu dulu inspirasi tentang sepakbola Indonesia versi seorang cewe yang menggunakan jurus dan ajian sok taunya untuk menulis.

Buat Jose Sebastian Vasquez, Claudio Pronetto, Airlangga (cute banget ni tiga orang dari Deltras hehehe), Eka Ramdani, Nova Arianto, Lorenzo Cabanas (hihi liat ni orang jadi inget Pak Sedana, halo pak hehehe…) dari Persib, Emil Mbamba (2 gol yang dahsyat pas lawan Persitara kalo ga salah), Patricio Morales, Ellie Aiboy (idolaku banget ni..aset lokal yang berharga), ama pelatihnya Miroslav Janu (Arema), teriring salam dan doa buat kalian..(hahaha kayak salam2an di Radio Republik Indonesia, sekalian minta lagunya Hetty Koes Endang “Merinding Bulu Romaku” hihi…biang jadul).

Theme Song Hari ini
Artist : Fergie
Title : Big Girls Don’t Cry

La Da Da Da Da
The smell of your skin lingers on me now
Your probably on your flight back to your home town
I need some shelter of my own protection baby
To be with myself instead of, calamity
Peace, Serenity

[CHORUS]
I hope you know, I hope you know
That this has nothing to do with you
It's personal, myself and I
We've got some straightening out to do
And I'm gonna miss you like a child misses their blanket
But I've got to get a move on with my life
It's time to be a big girl now
And big girls don't cry
Don't cry
Don't cry
Don't cry

The path that I'm walking
I must go alone
I must take the baby steps 'til I'm full grown (full grown)
Fairytales don't always have a happy ending, do they
And I foresee the dark ahead if I stay

Back to [CHORUS]

Like the little school mate in the school yard
We'll play jacks and Uno cards
Ill be your best friend and you'll be mine
Valentine
Yes you can hold my hand if u want to
Cause I want to hold yours too
We'll be playmates and lovers and share our secret worlds
But its time for me to go home
Its getting late, dark outside
I need to be with myself instead of, calamity
Peace, Serenity

Tidak ada komentar: